Target Dulu Baru Rencana

20 Juli 2009

Suatu saat dialapangan sepakbola berskala internasional seorang muda duduk termenung tanpa motivasi. Anak muda tampan itu bernama Christiano Ronaldo, punggawa baru Real Madrid.

Pelatihnya berteriak dengan lantang, "Ronaldo, kenapa kamu tidak tendang bola itu? Kenapa diam termenung dan memandang pemain lain saja? Kok tidak kmu rebut bolanya?" Ronaldo pun menjawab, "Ngapain sih buru-buru, kan tak ada batasan waktu kapan selesainya pertandingan ini" (dengan nada slow, sambil mengernyitkan dahinya).

Coba bayangkan, apa yang terjadi seandainya tidak ada batasan waktu 2 x 45 menit dalam sepakbola. atau diganti 2 x 2 bulan? Pasti mereka tidak termotivasi untuk menendang bola.

"Tunggu aja yang lain menendang bola dulu sampai capek, baru kita tendang, toh waktunya masih banyak". Nah, disebut 'GOAL' karena ada tujuan (gawang) dan ada batas waktu pencapaian. Gawang adalah arahnya, batas waktu adalah pemicu motivasinya.

Semua orang punya keinginan, tapi tak banyak orang punya pencapaian. Musuh terbesar dalam mencapai tujuan adalah penundaan. Kenapa banyak orang suka menunda??? Karena ketakutan! Takut gagal, takut ditolak, takut kecewa, takut diejek, dan segala sesuatu macam ketakutan yang lain.

"Nanti dulu ah, tunggu sudah siap!" sama seperti orang yang mau menikah, jika tidak dipakasakan, kapan siapnya? "Nanti, tunggu modalnya sudah cukup?!", mungkin itu menjadi alasan Anda belum mulai usaha? Sayang, sangat disayangkan waktu latihan yang terbuang. Semua orang ingin jadi juara, tapi tak semua orang punya kegigihan untuk berlatih.

Kenapa Anda tidak berpikir, langkah Anda yang satu ini adalah untuk berlatih,jadi wajar saja kalau/jika belum sempurna. Wajar saja jika masih kalah bertanding, namanya juga pemula. Orang malu saat gagal, karena menganggap dirinya sudah jago. Jadilah pemula, bukan jagoan!


*dikutip dari buku "The Power of Kepepet" halaman 42-43

0 komentar:

 
Me 'n My Life - by Templates para novo blogger